SALIM ALHALIM

Penulis adalah salah satu tenaga kependidikan bidang studi guidance and counseling pada salah satu sekolah disumatra barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
AYO KE SMK PPDB TANPA ZONASI (Day 75).
AYO KE SMK PPDB TANPA ZONASI (Day 75).

AYO KE SMK PPDB TANPA ZONASI (Day 75).

AYO KE SMK PPDB TANPA ZONASI (Day 75).

Oleh : Salim Alhalim

Banyak masyarakat beratanya-tanya kapan ya PPDB dimulai atau dibuka, saya sebagai guru terkadang Cuma bisa menjawab jadwal pendaftaran belum ada buk atau pak nanti kalau sudah keluar saya kabari ya buk lewat telpon dan wa. Itulah jawaban bijak dari seorang guru, sudah beberapa hari pertayaan tersebut sering kali diulang oleh orang lain tentang kapan jadwal pendaftaran, seiring waktu berjalan keluar juga jadwal-jadwal yang ditunggu-tunggu.

Ayo sekolah keSMK menjadi jargon tersendiri bagi seorang siswa karena mereka seribu alasan untuk belajar diSMK karena SMK memiliki keunggulan masing-masing yaitu siap kerja, siap melanjutkan, dan siap berwirausaha atau motto SMK BMW bekerja, melanjutkan dan wirausaha.

Berita yang berkembang sistem zonasi yang diterapkan dalam penerimaan siswa baru dari TK sampai tingkat SMA/SMK membuat sebagian masyarakat bertanya-tannya apa sih untungnya sistem zonasi, jelas keunggulannya adalah sistem zonasi akan mampu mensinergikan semua unsur terkait sehingga menimbulkan dampak yang baik secara ekonomi, secara sosial, secara politik. Kelemahannya bisa jadi masyarakat tidak bisa bebas memiliki sekolah sesuai selera dan kompetensi anak mereka masing-masing.

Nah sekarang ada kabar yang sangat menggembirakan, sistem zonasi tidak berlaku khusus untuk SMK artinya semua calon peserta didik boleh memilih sekolah SMK diseluruh penjuru negeri sesuai dengan minat dan bakat siswa, ketika siswa memiliki bakat dan minat sekolah taruna maka boleh memilih sekolah yang sesuai dengan bakat dan minat meskipun bedah kabupaten atau provinsi.

Kebijakan yang nampaknya berseberangan dengan sistem zonasi jelas ada baiknya, karena setiap pembuat kebijakan dan pengambil kebijakan telah mengkaji berdasarkan kajian yang matang sehingga sudah diukur kekuatan dan kelemahannya.

Mari kita lihat Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2019 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Dan Sekolah Menengah Kejuruan Pasal 7 (1) Persyaratan calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) SMA atau SMK: a. berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan; dan b. memiliki ijazah SMP/sederajat atau dokumen lain yang menjelaskan telah menyelesaikan kelas 9 (sembilan) SMP. (2) SMK dengan bidang keahlian, program keahlian, atau kompetensi keahlian tertentu dapat menetapkan tambahan persyaratan khusus dalam penerimaan peserta didik baru kelas 10 (sepuluh).

Pasal 11 (1) Pendaftaran PPDB dilaksanakan melalui jalur sebagai berikut: a. zonasi; b. afirmasi; c. perpindahan tugas orang tua/wali; dan/atau d. Prestasi

Pasal 2 (1) PPDB dilakukan berdasarkan: a. nondiskriminatif; b. objektif; c. transparan; d. akuntabel; dan e. berkeadilan.

Maka dari beberapa juknis tentang PPDB, Jalur zonasi bagi SMK tidak diberlakukan karena setiap minat dan bakat anak berbeda-beda maka diberi pilihan untuk mampu memilih sekolah SMK yang sesuai keinginannya. Demikian sekilas info tentang PPDB SMK semoga bermanfaat.

Salam literasi

#Bukittinggi 03 Juni 2020.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

SMK pilihan cerdas

04 Jun
Balas

Sudah bisa mendaftar ya pak salim Semangat menjemput masa depan dari penerus bangsa

03 Jun
Balas

SMK adalah pilihan yang baik bagi siswa sltp yg akan melanjutkan. BMW...bisa 3 pilihan. SedNgkan SMA hanya 2 pilihan....BM. he..he..

04 Jun
Balas

Betul buk Anel....

04 Jun

ayooo ke SMK, sesuaikan bakat dan minat mu!!!

04 Jun
Balas

Selamat pak sukses selalu

04 Jun
Balas



search

New Post